Rabu, 26 November 2014

Tugas 6 pengantar bisnis

1.       Mengapa manajemen pemasaran sering di sebut sebagai manajemen permintaan?

Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.  Manajemen pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang direncanakan dengan baik, diorganisasikan, dikoordinasikan serta diawasi akan membuahkan hasil yang memuaskan oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.

2.       Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran? Jelaskan pendapatan saudara min 50 kata

·         Kebutuhan merupakan hal yang memang harus ada saat seorang individu memerlukannya, harus terpenuhi saat itu juga. Jikalau tidak terpenuhi saat itu juga mungkin dapat mengganggu stabilitas dari individu tersebut. Karena kebutuhan memang didasari atas faktor yang mendorong seseorang harus mendapatkannya dan harus memilikinya, tidak boleh tidak, dan memang harus ada.  
·         Keinginan, merupakan sesuatu yang didambakan oleh seorang individu, sesuatu yang diimpikan dan diharapkan akan terpenuhi, seandainya pun tidak terpenuhi tidak akan mempengaruhi stabilitas dari individu tersebut. Keinginan sesungguhnya didasari atas sifat manusiawi manusia yang tak akan habis untuk memperoleh suatu hal yang dapat membuat jasmaninya senang, ingin dan ingin kembali untuk memuaskan hasratnya untuk memiliki segala hal yang dirasa dapat membuatnya senang.

3.       Jelaskan dengan singkat apa beda pasar dan pemasaran?

Pasar adalah tempat pertemuan antara penjualan dan pembeli, atau lebih jelasnya daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk harga. Pasar dikatakannya merupakan orang orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanjadan kemampuan untuk membelanjakannya.

Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.

Pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

4.       Sebutkan dan jelaskan apa yang di maksud dengan bauran pemasaran (marketing mix)?

Bauran pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran di dukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga yang layak, saluran distribusi yang baik dan promosi yang efektif. Empat kebijakan pemasaran yang sering di sebut konsep empat P atau bauran pemasaran (marketing mix) tersebut adalah produk (product), harga (price), saluran distribusi (place) dan promosi (promotion). Untuk mencapai tujuan pemasaran, keempat unsur tersebut harus saling mendukung, sehingga keberhasilan di bidang pemasaran di harapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.
Bauran pemasaran merupakan suatu kerangka kerja yang membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk setiap pasar. Bauran pemasaran merupakan suatu kumpulan variabel yang dapat dikontrol yang ditawarkan kepada (dan mempengaruhi) pelanggan. Variabel-variabel tersebut meliputi: produk/jasa itu sendiri, ketersediaannya,imagenya (cara promosinya), dan harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya.Variabel-variabel tersebut merupakan sejumlah unsur (4P) dimana seorang manajer pemasaran harus membaurkannya secara bersama-sama dalam mengoptimalkan sejumlah sumber daya yang terbatas. Pada tahun 1960, Jerome McCarthymemperkenalkan konsep 4P kepada dunia. Sejak itu, para manajer pemasaran di seluruh dunia menjadi terbiasa dengan 4P (product, price, place, and promotion). Selain 4P ada pendekatan-pendekatan lain untuk bauran (khususnya bauran jasa/7P). Namun di sini kita hanya akan membahas secara singkat setiap unsur dari 4P tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar