1.
Mengapa manajemen pemasaran sering di sebut
sebagai manajemen permintaan?
Manajemen pemasaran adalah suatu analisis,
perencanaan, implementasi dan pengendalian dari program-program yang dirancang
untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat
dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Manajemen pemasaran adalah kegiatan pemasaran
yang direncanakan dengan baik, diorganisasikan, dikoordinasikan serta diawasi
akan membuahkan hasil yang memuaskan oleh karena itu manajemen pemasaran sering
disebut juga sebagai manajemen permintaan.
2.
Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan
konsep inti pemasaran? Jelaskan pendapatan saudara min 50 kata
·
Kebutuhan merupakan hal yang memang harus ada
saat seorang individu memerlukannya, harus terpenuhi saat itu juga. Jikalau tidak
terpenuhi saat itu juga mungkin dapat mengganggu stabilitas dari individu
tersebut. Karena kebutuhan memang didasari atas faktor yang mendorong seseorang
harus mendapatkannya dan harus memilikinya, tidak boleh tidak, dan memang harus
ada.
·
Keinginan, merupakan sesuatu yang didambakan
oleh seorang individu, sesuatu yang diimpikan dan diharapkan akan terpenuhi,
seandainya pun tidak terpenuhi tidak akan mempengaruhi stabilitas dari individu
tersebut. Keinginan sesungguhnya didasari atas sifat manusiawi manusia yang tak
akan habis untuk memperoleh suatu hal yang dapat membuat jasmaninya senang, ingin
dan ingin kembali untuk memuaskan hasratnya untuk memiliki segala hal yang
dirasa dapat membuatnya senang.
3.
Jelaskan dengan singkat apa beda pasar dan
pemasaran?
Pasar adalah tempat pertemuan antara
penjualan dan pembeli, atau lebih jelasnya daerah, tempat, wilayah, area yang
mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk
harga. Pasar dikatakannya merupakan orang orang yang mempunyai keinginan untuk
puas, uang untuk belanjadan kemampuan untuk membelanjakannya.
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan
informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia. Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan
oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk
mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.
Pemasaran adalah kegiatan manusia untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
4.
Sebutkan dan jelaskan apa yang di maksud dengan
bauran pemasaran (marketing mix)?
Bauran pemasaran adalah kegiatan pemasaran
yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Keberhasilan perusahaan di
bidang pemasaran di dukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat,
harga yang layak, saluran distribusi yang baik dan promosi yang efektif. Empat
kebijakan pemasaran yang sering di sebut konsep empat P atau bauran pemasaran
(marketing mix) tersebut adalah produk (product), harga (price), saluran
distribusi (place) dan promosi (promotion). Untuk mencapai tujuan pemasaran,
keempat unsur tersebut harus saling mendukung, sehingga keberhasilan di bidang
pemasaran di harapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.
Bauran pemasaran merupakan
suatu kerangka kerja yang membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk
setiap pasar. Bauran pemasaran merupakan suatu kumpulan
variabel yang dapat dikontrol yang ditawarkan kepada (dan mempengaruhi)
pelanggan. Variabel-variabel tersebut meliputi: produk/jasa itu sendiri,
ketersediaannya,imagenya (cara promosinya), dan harga yang harus dibayar
untuk mendapatkannya.Variabel-variabel tersebut merupakan
sejumlah unsur (4P) dimana seorang manajer pemasaran harus membaurkannya
secara bersama-sama dalam mengoptimalkan sejumlah sumber daya yang terbatas.
Pada tahun 1960, Jerome McCarthymemperkenalkan konsep 4P kepada
dunia. Sejak itu, para manajer pemasaran di seluruh dunia menjadi terbiasa
dengan 4P (product, price, place, and promotion). Selain 4P ada
pendekatan-pendekatan lain untuk bauran (khususnya bauran jasa/7P). Namun di
sini kita hanya akan membahas secara singkat setiap unsur dari 4P tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar