Jumat, 24 Oktober 2014

Tugas 2 Kelompok

1.      Jelaskan faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan untuk memilih bentuk badan usaha yang akan didirikan? Min. 5 faktor.
Jawab :
a.)    Jenis usaha yang dijalankan.
Hal pertama dalam menentukan jenis usaha. Sesuai dengan keinginan pengiriman kita bisa dalam bentuk perdagangan, industri dsb.
b.)    Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha.
Agar usaha dapat terkoordinir dengan baik. Kita menempatkan bagian-bagian sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
c.)    Besarnya resiko kepemilikan.
Dalam bidang industri kita akan memerlukan alat-alat produksi dan itupun memerlukan perawatan kemudian belum lagi ada barang-barang cacat / reject dsb.
d.)   Besarnya investasi yang ditanam
Dalam hal ini kita harus memperhitungkan modal yang kita punya, karena modal sangat berpengaruh pada usaha yang kita jalankan.
e.)    Peraturan-peraturan pemerintah
Memperhatikan peraturan-peraturan pemerintah seperti Izin Industri,NPWP,Akta Notaris,dan Izin Domisili.

2.      Mengapa orang cenderung merubah untuk perusahaan perseorangan ke bentuk usaha perseroan terbatas (PT)? Min. 50 kata.
Jawab :
Karena perusahaan perseorangan sumber keuangannya terbatas, dengan pemilik perusahaannya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuannya selin itu dipengaruhi juga dalam memanajemen perusahaannya. Sementara pada perseroan terbatas (PT) mudah memperloleh tambahan modal dan dalam manajemen dan spesialisasinya memungkinkan pengolaan sumber-sumber modal secara efisien.

3.      Mengapa bentuk usaha koperasi cocok dengan bentuk usaha rakyat Indonesia? Min. 100 kata.
Jawab :
Karena landasan bangsa Indonesia itu bersifat gotong royong, karena kegiatan SALING membantu seperti  gotong royong ini mempunyai rasa SALING solidaritas antar individu satu dan individu yang lainnyadan usaha yang di lakukan akan lebih berhasil mengatasi permasalahan baik di kalangan social mauun di kalangan ekonomi. Hal ini menyebabkan usaha kecil Dan menengah membentuk organisasi dengan SALING membantu dan bekerja sama untuk menggapai tujuan yaitu meningkatkan kemampuan berproduksi dan memasarkan hasil produksinya. Organisasi tersebut di namakan koperasi. Organisasi yang di sebut koperasi ini mengembangkan dan menggagaskan stuktur organisasi utama yang dapat di adaptasi sesuai dengan kebutuhan kebutuhan massyarakat di sekitar, kepentingan khusus dan pada situasi yang nyata Dari kelompok dan orang yang berbeda di sisi lingkungan ekonomis dan di lingkungan sosial budaya.
4.      Diskusikan dan berikan contoh usaha-usaha bentuk apa dan bergerak dalam komoditi apa yang maju saat ini? Min. 7 usaha.
Jawab :
a.        Restaurant
Usaha dan komoditi pangan tergolong maju karena pasti setiap manusia mempunyai rasa lapar, dan sehari mereka pasti membutuhkan makanan 3 kali sehari, atau bias di sebut dengan kebutuhan pokok dalam bidang pangan.
b.       Toko Baju
Usaha dalam bidang pakaian juga sangat maju, tidak dapat di pungkiri karena setiap manusia pasti sangan membutuhkan pakaian untuk menutupi anggota badannya, atau bias di sebut dengan kebutuhan pokok dalam bidang sandang.
c.        Warnet
Bisnis atau usaha ini sangat maju di saat saat ini, karena kebanyakan orang sekarang sangat membutuhkan segala informasi dan perkembangan tentang dunia ini melalui internet.
d.       Bimbingan belajar atau khursus
Seiring dengan naiknya standar kelulusan siswa serta ketatnya persaingan pendidikan, kerja dewasa ini sangat membuat pentingnya pendidikan.
e.        Usaha perbangkan (keuangan)
Pertumbuhan sector keuangan akan meningkat terus sepanjang tahun.
f.        Usaha bahan bangunan
Pertumbuhan sector kontruksi relative cukup tinggi di bandingkan dengan sector lain
g.       Usaha rekreasi (taman hiburan)
Dalam kesibukan orang orang saat ini pastinya sangat membutuhkan waktu luang untuk refresing yang berguna untuk menghilangkan rasa setres yang berlebihan

Anggota Kelompok:
- Aldy Candra S.              20214773
- M. Bastian                      26214907
- David Somer                  22214565
- Hefrin Pratama               24214866
- Indra Nurcahyo              25214299

Tidak ada komentar:

Posting Komentar